SELAMAT DATANG DI SITUS KAMI SEMOGA BERKESAN DAN BERMANFAAT.TERIMA KASIH

Jumat, 15 November 2013

Pemanasan Global Ancam Hewan-hewan Ini


TEMPO.COIowa - Pemanasan global mengancam kelangsungan hidup sejumlah hewan. Richard Shine, seorang ahli biologi evolusi di University of Sydney, Australia, mengatakan ada beberapa kelompok hewan yang jenis kelamin anakannya sangat dipengaruhi oleh perubahan suhu.

"Semua jenis buaya, sebagian kura-kura dan kadal, serta beberapa ikan terpengaruh," kata Shine, seperti dikutipNewscientist, Senin, 6 Mei 2013.

Ia menanggapi temuan tim peneliti Iowa State University, Amerika Serikat, yang menyebutkan kenaikan suhu udara rata-rata sebesar 1,1 derajat Celcius bakal mengubah kelamin anakan kura-kura berwarna (Chrysemys picta) menjadi seratus persen betina.

"Inilah mengapa kura-kura berwarna terancam punah," ucap Rory Telemeco, anggota tim peneliti. Telemeco meneliti bersama rekannya, Fredric Janzen.

Shine, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan pamanasan global memang mengkhawatirkan. Bahkan, bentuk adaptasi induk kura-kura berwarna dengan cara memajukan jadwal bertelur hingga beberapa pekan lebih awal tidak akan mampu menghalangi perubahan kelamin anakan mereka.

Namun demikian, Shine optimistis kura-kura berwarna dan spesies lainnya mampu bertahan hidup menghadapi pamanasan global. "Mereka bisa beradaptasi dengan meletakkan telur di lokasi yang teduh atau mengembangkan kemampuan untuk mengatasi kondisi hangat," ujarnya.

Sebaliknya, Telemeco tidak seyakin itu. "Masalahnya, perubahan iklim terjadi sangat cepat sehingga respons evolusioner organisme tidak sempat mengikutinya," ucapnya.

Petunjuk tentang kemampuan bertahan hidup pada kura-kura berwarna mungkin dapat dipahami secara lebih baik lewat genom yang diurutkan bulan lalu. Mengamati perubahan ekspresi gen sebagai respons terhadap perubahan suhu dapat menguak misteri di balik adaptasi kura-kura berwarna dengan lingkungan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar